Laman

Jumat, 23 Oktober 2015

Profil Yayasan Pendidikan Al-Madinah


    
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan pembuatan Profil Yayasan Pendidikan Islam Al Madinah ini. Profil Yayasan ini memberikan gambaran yang lebih detil mengenai Yayasan Pendidikan Islam Al Madinah mulai dari awal berdiri, tujuan, kegiatan yang dilaksanakan dan susunan pengurus sebagai informasi bagi masyarakat dengan harapan dapat menimbulkan kepercayaan masyarakat sehingga masyarakat dapat berpartisipasi, mendukung berbagai program yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Islam al Madinah.
Dalam menyelesaikan penyusunan profil Yayasan Pendidikan Islam Al Madinah ini penulis mendapat bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, untuk itu penulis dalam kesempatan ini menyampaikan terima kasih kepada :

  • Ketua Yayasan Pendidikan Islam al Madinah.
  • Para Pengurus Yayasan Pendidikan Islam al Madinah.
  • Para tokoh masyarakat Kp. Citalang.
  • Pengelola dan Para Pengajar PAUD Al Mughni dan DTA Al-Hidayah.
  • Semua pihak yang terlibat dalam penyusunan profil Yayasan Pendidikan Islam Al-Madinah ini yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.
Dalam penyusunan profil Yayasan Pendidikan Islam Al Madinah ini penulis berusaha semaksimal mungkin agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Namun penulis menyadari dalam penyusunan profil Yayasan Pendidikan Islam Al Madinah ini banyak kekurangan dan kesalahan serta masih jauh dari kesempurnaan dikarenakan keterbatasan kemampuan yang dimiliki oleh penulis, untuk itu penulis senantiasa mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak yang sifatnya membangun guna penyempurnaan penyusunan profil Yayasan Pendidikan Islam Al Madinah ini.
Kiranya ini yang dapat Penulis sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi semua pihak, sehingga tujuan dari penyusunan profil Yayasan Pendidikan Islam Al Madinah ini dapat terealisasi, semoga Allah SWT selalu melindungi dan memberikan pertolongan kepada kita semua dalam dalam berjuang mencari keridhaannya, Amiiin.

Purwakarta,     Oktober 2015


                                                                                Penyusun


BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG
Perkembangan jaman dan technologi yang begitu pesat membuat semua orang terlena, terutama generasi muda dan masyarakat  yang tidak dilandasi oleh keimanan dan ketagwaan, serta pendidikan agama yang tidak memadai membuat mereka semakin terperosok kedalam lumpur yang penuh dengan dosa. Sehingga kalimat “Dosa” bukan lagi sebuah hal yang menakutkan, tapi sebagian orang merasa bangga dengan apa yang telah dilakukan, padahal itu perbuatan ‘Dosa’. Sementara pendidikan Formal yang mereka miliki tidak cukup untuk membentuk akhlak dan pribadi yang dapat mencegah perbuatan “Nahi dan Mungkar”
Melihat kondisi masyarakat saat ini sebagai muslim, tentunya kita menginginkan perubahan. Kaum muslimin harus diselamatkan dari kehinaan yang mereka alami dengan cara mengajak mereka untuk berjuang menegakkan syariat Islam di bawah naungan Al-qur’an dan Hadist yang dapat menjamin kesejahteraan hidup di dunia dan tentu saja kebahagiaan hidup di akhirat. 
Kami bersama para sesepuh/ tokoh masyarakat Kp. Citalang tepatnya di RW 01 Desa Citalang Kec. Purwakarta Kab. Purwakarta bahkan ada tokoh dari luar Kp Citalang Desa Citalang Kec. Purwakarta Kab. Purwakarta yang memiliki pandangan dan mempunyai kekhawatiran yang sama terhadap kondisi perkembangan generasi penerus dimasa yang akan datang dalam menghadapi kemajuan zaman yang serba modern, jika tidak diimbangi dengan pembangunan keimanan, akhlak dan moral yang kuat maka ilmu pengetahuan yang dimilkinya bisa disalahgunakan, bahkan akan menyimpang jauh dari nilai-nilai keagamaan yang saat ini tanda-tandanya sudah mulai nampak di masyarakat terutama dikalangan generasi muda. Untuk itu kami sepakat untuk mendirikan Yayasan yang bergerak di bidang Pendidikan terutama pendidikan Agama Islam, Sosial dan jika dipandang perlu akan bergerak di bidang ekonomi sebagai penunjang untuk memperkuat bidang pendidikan dan sosial.
Yayasan Pendidikan Al-Madinah Citalang didirikan atas prakarsa Ustad Burhanudin, S. Ud. saat itu gelar pendidikannya (A. Ma.) dibantu oleh Ustad Iski dan Abdul Jalil serta Tokoh Masyarakat Kp. Citalang.
Pada tanggal 9 April tahun 2013 M (28 Jumadil Awal 1434 H) sebagai lanjutan dari pertemuan sebelumnya dan setelah melalui hasil Istikharah didirikanlah sebuah Yayasan yang diberi nama Yayasan Pendidikan Al-Madinah Citalang, kemudian pada hari Rabu tanggal 21 Agustus 2013 di Aktakan di Notaris Dede Supriatna, SH. Dengan Akta Nomor 4.
Sebagai langkah awal dari kegiatan Yayasan Pendidikan Islam Al-Madinah pada tanggal 1 Mei 2013 mendidrikan Lembaga Pendidikan :
1.    Paud  Al-Mughni
2.    Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (DTA) Al-Hidayah
Pada awal berdidrinya lembaga pendidikan yang didirikan Yayasan Pendidikan Islam Al-Madinah cukup mendapat sambutan,hal tersebut terlihat dari jumlah warga masyarakat yang mendaftarkan putra-putrinya baik di Paud Al-Mughni maupun DTA Al-Hidayah,  kemudian berkat dukungan dari tokoh masyarakat Kp Citalang maupun Pemerintah Desa Citalang serta kegigihan para pengurus Yayasan dan Pengelola Lembaga Pendidikan (Paud & DTA) saat ini Paud dan DTA mulai kelihatan perkembangannya, dibuktikan dengan bertambahnya siswa yang mendaftar  baik di Lembaga Paud Al-Mughni maupun di DTA Al-Hidayah. Dalam hal izin operasional, DTA telah mendapatkan izin dari Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta dan sudah mendapatkan nomor Statistik DTA, sementara Paud mendapat izin operasional dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Purwakarta dan saat ini sudah mendapatkan NPSN.
Tidak hanya Paud dan DTA saja pada tahun 2014 Yayasan Pendidikan Islam Al-Madinah mendirikan Pondok Pesantren Al-Madinah yang berawal dari sebuah pengajian anak-anak dan telah mendapat izin Penyelenggaraan dari Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta.
B.   DASAR PEMIKIRAN
Yang mendasari didirikannya Yayasan Pendidikan Islam Al-Madinah adalah :
  1. Di Kp. Citalang lembaga pendidikan agama Islam masih bersifat sendiri-sendiri tidak teroganisir.
  2. Lembaga saat ini harus memiliki legalitas.
  3. Meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.
  4. Menyebar luaskan Agama Islam adalah kewajiban kita semua selaku penganutnya.
  5. Bahwa orang yang mengagungkan Syiar Agama Allah, itu tanda hatinya bertaqwa.
  6. Perlu pembinaan generasi Muda mengenai ilmu agama Islam.
  7. Untuk menyebarluaskan dan mempertahankan keutuhan ilmu agama Islam, perlu didirikan sarana dan prasarana yang memadai. 
  8.  Kebutuhan masyarakat terhadap Pendidikan. 
  9. Kurangnya Lembaga Pendidikan Agama. 
  10. Memberdayakan peran serta masyarakat dalam Pendidikan.
C.   TUJUAN
  1. Meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan tentang ajaran agama Islam, sehingga terwujud manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Serta berakhlaq mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  2. Berupaya meciptakan masyarakat yang mencintai agamanya, meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT
  3. Menciptakan tempat pembinaan dan pendidikan Akhlaq, mental dan sepiritual
  4. Ikut serta membantu pemerintah dalam usaha peningkatan mutu Sumber Daya Manusia.
  5. Pengadaan sekolah yang dekat dengan rumah tinggal sehingga memudahkan orang tua yang memiliki keterbatasan waktu dalam mengasuh anak agar mendapatkan pendidikan yang intensif.
  6. Membantu peran orang tua dalam upaya pendidikan nilai-nilai agama.
  7. Mempersiapkan generasi penerus agar menjadi manusia yang cerdas dan mandiri.


BAB II
PROFIL YAYASAN PENDIDIKAN AL-MADINAH CITALANG

A.   PROFIL YAYASAN
1.  Nama                                 : YAYASAN PENDIDIKAN AL – MADINAH
2.  Alamat                               : Kp. Citalang RT 02/ RW 01 Desa Citalang
                                           Kec. Purwakarta Kab.Purwakarta                      
3.  Nomor Akta                       : 4
4.  Tanggal Akta Notaris         : 21 Agustus 2014
5.  Nama notaris                    : Dede Supriatna, SH
6.  Alamat Notaris                 : Jl. Jend. Sudirman No. 21 Purwakarta

B.   VISI, MISI DAN MOTTO YAYASAN


            VISI :  
Menciptakan generasi cerdas, berwawasan tinggi, mandiri, beriman,bertaqwa dan beraklakul karimah yang siap bersaing  
dimasa yang akan datang.
MISI :
  • Menyelenggarakan bebagai lembaga pendidikan, pelatihan dan pembinaan untuk meningkatkan SDM yang berkuailitas yang memegang teguh ajaran agama sebagai pondasi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari baik sekarang maupun di masa yang akan datang.
  • menyelenggarakan berbagi kegiatan sosial.
  • Menyelenggarakan berbagai kegiatan ekonomi untuk menunjang dalam pengembangan pendidikan dan sosial.
MOTTO :
Berjuang sepenuh hati menjadi orang yang bermanfaat menuju ridha Allah SWT ”

C.   KEGIATAN YAYASAN

Yayasan PendidikanAl-Madinah Citalang saat ini telah mengadakan berbagai kegiatan pendidikan dan sosial keagamaan. 
    Adapun 3 lembaga pendidikan yang telah didirikan yaitu :
1.    PAUD AL-MUGHNI
Nama Lembaga         : Al-Mughni
NPSN                          : 69880499
SK Izin Operasional  : 421.10/3089/PNFI/2014
Jenis Kegiatan           : KOBER
Kepala Sekolah         : Patimah
Tahun berdiri             : 1 Mei 2013
Jumlah PTK               : 4 orang (termasuk Kepala sekolah)
Jumlah Siswa            : 23 orang tahun ajara 2013/2014
: 43 orang tahun ajaran 2014/2015
: 48 orang tahun ajaran 2015/2016
                        Alamat                        : Kp. Citalang RT 05/01 Desa Citalang
2.    DTA AL-HIDAYAH
Nama DTA                  : Al-Hidayah
Tahun berdiri              : 1 Mei 2013
Nomor Statistik           : 311232140524
Kepala Sekolah         : Kuswandi
Jumlah pengajar       : 6 orang (termasuk Kepala Sekolah)
Jumlah siswa             : 43 orang
Alamat                         : Kp. Citalang RT 05/01 Desa Citalang Purwakarta
3.    PONDOK PESANTREN AL-MADINAH
Nama   Ponpes          : Al-Madinah
Nomor Statistik           : 510032140340
Pimpinan                    : Ustad Burhanudin, S. Ud.
Tahun berdiri              : 1 Juni 2014
Jumlah Pengajar        : 4 Orang (termasuk Pimpinan)
Jumlah Siswa             : 75 Orang tahun 2015
Alamat                         : Kp. Citalang RT 04/01 Desa Citalang Purwakarta
            Kegitan sosial yang dilaksanakan adalah berupa perberian santunan kepada anak yatim-piatu dan jompo. Kegiatan keagamaan lainnya yang dilaksanakan adalah Pemotongan Hewan Qurban, PemTabligh akbar pada hari-hari besar Islam dll.

D.   PENGURUS YAYASAN 
 
Berikut adalah Susunan Pengurus Yayasan Pendidikan Al-Madinah Citalang:

Pembina               : H. KOMARUDIN, SH., MH.
                             : TATANG RISMAWAN, SH.
                             : MOHAMAD KOSASIH, SE.
Ketua                   : USTAD BURHANIDIN, S. Ud.
Sekretaris            : ABDUL JALIL
Bendahara           : USTAD ISKI

Pelaksana Kegiatan :
1.    Bidang Pendidikan
v  USTAD KUSWANDI
v  PATIMAH
v  MULYAWATI
2.    Bidang Usaha dan Pemberdayaan Masyarakat
v  SAEFUL RONY
v  HENDI SUHENDI
3.    Bidang Pengkajian dan Pengembangan
v  YULIA SARI
v  ENDAH NURKARIMAH
4.    Bidang Pengelola Amal Zakat, Infaq dan Sodaqoh
v  M.E HANAPI
v  AHMAD YUSAERI

Pengawas              : DEDE BADRIYAH

BAB III
PENUTUP

Demikian profil Yayasan pendidikan Islam Al Madinah ini disusun walaupun sangat sederhana, namun besar harapan kami dengan adanya profil ini bias menjadi acuan bagi semua pihak baik Swasta maupun Pemerintah untuk mendukung program-program yang kami selenggarakan ini yang sebenarnya adalah menjadi sebuah tugas bersama untuk memperjuangkan nilai-nilai agama sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW dan semoga apa yang perjuangkan ini bisa bermanfaat bagi semua orang.
                        Mudah-mudahan Allah SWT. Selalu memberikan pertolongan dan kemudahan serta memberikan jalan keluar dalam segala permasalahan yang kami hadapi pada setiap kegiatan yang kami selenggarakan. Amin ya Robbal’alamin



                                                                                                Purwakarta,   Oktober  2015
                                                                                                            Penyusun,





                                                                                           (Yayasan Pendidikan Al-Madinah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar